JENIS JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN SKALA JARINGAN Dan BERDASARKAN FUNGSINYA

21.41 / Diposkan oleh Santi Hapsari /

JENIS JARINGAN KOMPUTER BERDASARKAN SKALA JARINGAN


Disini saya akan menjelaskan atau membahas tentang jenis jaringan komputer berdasarkan skala jaringan dan berdasarkan fungsinya. Karena jaringan komputer ini terbagi dalam beberapa jenis yaitu berdeasarkan skala jaringan, berdasarkan fungsi, berdasarkan topologi jaringan dan  berdasarkan kriterianya.
Langsung saja kita membahas tentang jenis jaringan komputer berdasarkan skala jaringan terlebih dahulu. Tetapi sebelum masuk dalam materi yang akan di jelaskan, kita harus tahu terlebih dahulu tentang pengertian jaringan komputer itu sendiri. Jaringan komputer adalah sebuah  sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya, yang bekerja bersama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Dan jaringan komputer ini memiliki tujuan. Tujuan itu  yakni :
  • Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
  • Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messagingchatting
  • Akses informasi: contohnya web browsing.
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Bila Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitekturini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Langsung saja kita masuk ke dalam pembahasan yaitu tentang jaringan komputer berdasarkan skala jaringan. Berdasarkan skala jaringan komputer dibagi atas 3 jenis, yaitu :
  1. Local Area Networking (LAN). LAN adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas. Jaringan wilayah lokal dalam bahasa inggris yaitu local area network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), LAN mempunyai karakteristik, yaitu :
1.Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2.Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3.Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut. Awal LAN kabel selalu didasarkan pada berbagai kelas kabel koaksial. Kabel Coaxial, atau membujuk, adalah sebuah kabel listrik dengan konduktor dalam dikelilingi oleh tubular, lapisan isolasi fleksibel, dikelilingi oleh perisai melakukan tubular. Kabel coaxial digunakan sebagai jalur transmisi untuk frekuensi radio sinyal, dalam aplikasi seperti menghubungkan radio pemancar dan penerima dengan antena mereka, jaringan komputer ( internet ) koneksi, dan penyebaran televisi kabel sinyal.Satu keuntungan dari membujuk lebih dari jenis lain dari radio saluran transmisi adalah bahwa dalam sebuah kabel koaksial ideal medan elektromagnetik membawa sinyal hanya ada di ruang antara bagian dalam dan luar konduktor . Hal ini memungkinkan kabel koaksial berjalan untuk diinstal di samping benda logam seperti talang tanpa rugi daya yang terjadi di jenis-jenis saluran transmisi, dan memberikan perlindungan sinyal dari eksternal interferensi elektromagnetik. Kabel Coaxial berbeda dari yang lain kabel terlindung digunakan untuk membawa sinyal frekuensi yang lebih rendah seperti sinyal audio , dalam dimensi kabel dikendalikan untuk memberikan konduktor, jarak konstan tepat, yang diperlukan untuk itu berfungsi efisien sebagai frekuensi radio jalur transmisi . Kabel LAN biasanya digunakan oleh para siswa, mahasiswa dan profesi apa saja  untuk bermain game.

  1. Selanjutnya jenis jaringan komputer Metropolitant Area Network (MAN) : prinsip MAN ini sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km. Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN yaitu Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, per-kantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya. Sebuah MAN dioptimalkan untuk wilayah geografis yang lebih besar dari LAN , mulai dari beberapa blok bangunan ke kota-kota seluruh. MAN juga dapat bergantung pada saluran komunikasi data rates sedang sampai tinggi. MAN A mungkin dimiliki dan dioperasikan oleh organisasi tunggal, tetapi biasanya akan digunakan oleh banyak individu dan organisasi. MAN juga mungkin dimiliki dan dioperasikan sebagai utilitas publik. Mereka sering akan menyediakan sarana untuk internetworking pada jaringan lokal . Penulis Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon dari Manajement Sistem Informasi : Digital 10 Kantor. ed Mengelola mendefinisikan jaringan area metropolitan sebagai: A Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer besar yang mencakup area metropolitan atau kampus. cakupan geografis Its jatuh antara WAN dan LAN. MAN menyediakan konektivitas Internet untuk LAN di wilayah metropolitan, dan menghubungkan mereka ke jaringan area yang lebih luas seperti Internet.

  1. Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kota, negara, dan benua. ini sama dengan internet. WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer  yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain. WAN digunakan untuk menghubungkan LAN dan jenis lain dari jaringan bersama-sama, sehingga pengguna dan komputer di satu lokasi dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi lain. Banyak WAN dibangun untuk satu organisasi tertentu dan swasta. Lainnya, dibangun oleh penyedia layanan Internet , menyediakan koneksi dari organisasi sebuah LAN ke Internet. WAN sering dibangun menggunakan leased line . Pada setiap akhir leased line, sebuah router terhubung ke LAN di satu sisi dan sebuah hub dalam WAN di sisi lain. Leased line bisa sangat mahal. Alih-alih menggunakan leased line, WAN juga dapat dibuat dengan menggunakan lebih murah switching sirkuit atau paket switching metode. Jaringan protokol termasuk TCP/IP memberikan transportasi dan fungsi pengalamatan. Protokol termasuk paket diats SONET / SDH , MPLS, ATM dan Frame relay sering digunakan oleh penyedia layanan untuk memberikan link yang digunakan dalam WAN. X.25 merupakan protokol WAN awal yang penting, dan sering dianggap sebagai “kakek” Frame Relay karena banyak protokol yang mendasari dan fungsi X.25 yang masih digunakan sampai sekarang (dengan upgrade) dengan Frame Relay.
Akademik penelitian jaringan luas lahan bisa dipecah menjadi tiga bidang: model Matematika , persaingan jaringan  dan simulasi jaringan . Perbaikan kinerja kadang-kadang disampaikan melalui WAFS atau optimasi WAN .
Jadi berdasarkan skala jaringan, jaringan komputer terbagi atas tiga jenis yaitu Local Area Networking (LAN),  Metropolitant Area Network (MAN)  ,dan Wide Area Network (WAN).

BERDASARKAN FUNGSINYA
Setelah sebelumnya telah membahas tentang jaringan komputer berdasarkan sekala jaringan, disini saya akan membahas lagi jaringan komputer berdasarkan fungsinya. Disini langsung saja saya bahas jaringan komputer berdasarkan fungsinya.
Bila Berdasarkan fungsi, Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer, yaitu :
  • Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya. Jadi disini di jelaskan bahwa satu komputer bisa sebagai server kepada komputer-komputer lainnya.
  • Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

Label:

0 komentar:

Poskan Komentar

Ikanku